ShoutMix chat widget

Monday, 3 May 2010 |

gambar

Nokia (berdiri thn 1865) adalah sebuah merek dagang untuk alat komunikasi nirkabel yang terkenal di seluruh dunia...Sebelum menggeluti usaha komunikasi, Nokia dahulu adalah sebuah perusahaan penggilingan bubur kertas di barat daya Finlandia yang salah satunya dipimpin oleh Björn Westerlund seorang ahli forecasting bisnis yang akhirnya bisa membuat Nokia menjadi sebuah merek dagang alat komunikasi paling terkemuka di dunia.

Björn Westerlund pada saat memimpin perusahaan penggilingan bubur kertas (saat itu beliau adalah salah satu CEO) pernah meramalkan bahwa prospek usaha penggilingan bubur kertas akan mengalami titik jenuh dan pasti akan mengalami penurunan, akhirnya mulai membangun divisi baru di bidang elektronik (pada saat itu merupakan pabrik kabel) yang bertempat di Helsinski.

Divisi elektronik ini ternyata hampir tersendat dalam perjalanannya karena masalah internal perusahaan yang banyak mengalami kegagalan dalam riset dan pengembangan sebuah produk. Disini Nokia tidak putus asa, akhirnya setelah 15 tahun berdiri, Nokia bekerja sama dengan perusahaan pembuat televisi akhirnya membuat sebuah terobosan untuk menciptakan alat komunikasi tanpa kabel (tepatnya Tahun 1980), dan pada saat itu juga sempat membeli sebuah saham perusahaan televisi lain yang terkenal di Jerman.


Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Peluncuran produk ini di sambut luar biasa oleh seluruh masyarakat dunia, namun sayangnya NMT masih dapat dijangkau oleh orang2x tertentu saja.

Pada perkembangannya ternyata Nokia hampir lagi mengalami kegagalan dalam berbisnis, tetapi setelah dipimpin oleh seorang CEO yang bernama Jorma Ollila, beliau memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. Hasilnya, telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991.

Tahun berikutnya (1992) seolah-olah memiliki bom waktu akhirnya, pada tahun tersebut Nokia menemukan titik keemasannya dan berani mengukuhkan diri sebagai perusahaan penggerak evolusi teknologi industri telekomunikasi di dunia hingga saat ini.


Akhirnya negara Finlandia yang tadinya hidup bergantung dari hasil hutan (kayu) akhirnya mendapatkan penghasilan terbesar dari perusahaan komunikasi ini.

0 comments:

Post a Comment

Followers